RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM), KAPAN PELAKSANAANNYA..???

By Kahar 10 Sep 2021, 08:21:05 WIB Info Madrasah
RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM), KAPAN PELAKSANAANNYA..???

MIN 1 Kotabaru, Kotabaru (Senin, 6 September 2021). Dalam rangka mewujudkan tata kelola madrasah yang efektif dan efisien serta mendukung program digitalisasi madrasah, maka Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia mengembangkan aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) melalui tim teknis Kemenag RI. Aplikasi tersebut merupakan penyempurnaan dari Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang pernah digunakan madrasah yang sudah berjalan kurang lebih selama 2 tahun yang lalu. Aplikasi RDM terintegrasi dengan EMIS dan E-Learning Madrasah, hal ini untuk memudahkan madrasah dalam menggunakan RDM serta mendukung kebijakan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama dalam mewujudkan layanan data pendidikan Islam melalui data tunggal EMIS.

Diharapkan dengan adanya pengembangan aplikasi ini dapat memudahkan para pendidik dalam mengolah Hasil Nilai Belajar siswa. Guru dan Tenaga Pendidik madrasah di harapkan dapat aktif mempelajari aplikasi RDM ini. Aplikasi RDM, dikembangkan dalam rangka mewujudkan tata kelola madrasah yang efektif serta mendukung program digitalisasi madrasah. Sasaran pengembangan aplikasi ini adalah menjadikan madrasah lebih maju dalam penguasaan teknologi dan sistem madrasah berbasis IT. Dengan dukungan sistem online, di zaman era teknologi 4.0 menjadikan madrasah lebih mudah mengakses data-data dari sistem. RDM tersebut diterapkan pada seluruh madrasah Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia dengan mendownloadnya melalui portal https://rdm.kemenag.go.id/ dan setiap madrasah akan mendapat token aktivasi aplikasi RDM dari HD kantor wilayah Kemenag Provinsi masing-masing.

Aplikasi RDM di rilis Kementerian Agama pada tahun 2021 dengan menggunakan resolusi High Definition (HD) dengan dukungan sistem online serta dengan menggunakan teknologi 4.0 yang memudahkan warga madrasah dalam mengelola dan mengakses sekalipun menggunakan Android. Aplikasi RDM HD Madrasah memiliki 3 versi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dari masing-masing Lembaga Madrasah, yaitu : RDM Versi VDI, RDM versi XAMPP/Installer dan versi RDM Hosting.

Berdasarkan dengan hal tersebut di atas, disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Aplikasi RDM diterapkan di madrasah seluruh Indonesia mulai semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022;
  2. Bagi madrasah yang telah ditunjuk sebagai ujicoba aplikasi RDM, dapat menggunakan aplikasi RDM pada semester genap tahun 2020/2021;
  3. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi segera melakukan sosialisasi kepada Kemenag Kabupaten/Kota dan Madrasah di wilayahnya;
  4. Penggunaan Aplikasi RDM TIDAK DIPUNGUT BIAYA;
  5. Apliasi RDM dapat di download melalui portal https://rdm.kemenag.go.id/
  6. Setiap madrasah akan mendapat Token Aktivasi RDM dari HD Kanwil Kemenag Provinsi;
  7. Bila madrasah mengalami kendala dalam penggunaan RDM, dapat menghubungi Tim Teknis/HD di provinsi masing-masing dan berkonsultasi melalui menu “layanan konsultasi” pada portal RDM.



Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment