Contoh Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) Kurikulum Merdeka - Madrasah Ibtidaiyah

By Kahar 14 Jul 2023, 10:11:45 WIB Belajar mengajar
Contoh Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) Kurikulum Merdeka - Madrasah Ibtidaiyah

Gambar : KOM MI


MIN 1 Kotabaru. >> KOM adalah Kurikulum Operasional Madrasah. Di dalam Kurikulum Merdeka KOM menjadi acuan dasar pembelajaran di sebuah satuan Pendidikan.

KOM merupakan rencana proses belajar di Madrasah sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Dikembangkan sesuai dengan struktur kurikulum dan standar yang telah ditetapkan pemerintah.

Sebelum menuju ke KOM ada baiknya memahami hal-hal yang terkait dengan implementasi Kurikulum merdeka. Yakni Pertama Memahami Garis Besar Kurikulum Merdeka. Kedua Memahami Pembelajaran dan Asesmen.

Ketiga Memahami Pengembangan Kurikulum Operasional madrasah dan Keempat memahami pengembangan Projek Penguatan Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil alamin.

Konsep Penyusunan KOM

Kerangka dasar Kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah pusat tetap mengacu kepada Tujuan Pendidikan Nasional dan SNP.

Dalam penyusunan KOM turunan dari SNP adalah struktur kurikulum, Capaian pembelajaran dan Prinsip Pembelajaran dan Asesmen. Kesemuanya itu  dibuat fleksibel dan dinamis. Disesuaikan dengan karakteristik madrasah.

Konsep penyusunan KOM ini tentu saja harus disesuaikan dengan visi misi madrasah dan konteks serta kebijakan lokal di madrasah tersebut. Dan dikembangkan sesuai dengan karakter madrasah secara mandiri.

Prinsip Dasar Penyusunan KOM

Berpusat pada peserta didik, yakni pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik.

Kontekstual, menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik madrasah, baik sosial budaya dan lingkungan yang menunjukkan karakteristik tersendiri.

Esensial, memuat seluruh unsur informasi penting yang dibutuhkan madrasah.

Akuntabel, bisa dipertanggungjawabkan karena berbasis data yang aktual.

Melibatkan berbabagi pemangku kepentingan. Antara lain orang tua, organisasi di bawah koordinasi dan supervisi dari kementerian agama.

Pemerataan dan peningkatan mutu, supaya kesempatan layanan Pendidikan dan peningkatan mutu Pendidikan yang diperoleh siswa secara merata dan dapat diakses oleh semua peserta didik.

Langkah Penyusunan KOM

Pada madrasah yang masih belum pernah Menyusun KOM perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Menganalisis konteks Karakteristik madrasah
  2. Merumuskan Visi Misi Tujuan
  3. Menentukan pengorganisasian pembelajaran
  4. Menyusun Rencana Pembelajaran
  5. Merancang pendampingan, evaluasi dan pengembangan profesional

Struktur Kurikulum Operasional pada Madrasah yang memuat 5 BAB, yakni Pendahuluan, Visi misi dan Tujuan, Pengorganisasian Pembelajaran yang berisi (Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, P5 -RA, Program pendukung, Strategi Pembelajaran, Penilaian pembelajaran dan Kalender Pendidikan), Penutup dan Kesimpulan.

Disini kami membagikan contoh KOM untuk jenjang MA dalam 2 versi. Yang pertama dalam bentuk Microsoft Word dan yang kedua dalam bentuk Microsoft Excel. Untuk Format Excel terdapat beberapa administrasi tambahan yang sudah diolah dalam bentuk aplikasi.

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan tentang "Contoh Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) Kurikulum Merdeka - Madrasah Ibtidaiyah", terimakasih atas kunjungannya, mohon komentarnya agar website ini dapat terus berkembang dan berguna bagi semua orang, semoga bermanfaat.

Untuk mendownload Contoh Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) Kurikulum Merdeka - Madrasah Ibtidaiyah dapat di unduh melalui menu ARSIP MADRASAH >> DOWNLOAD.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. Winda 31 Jul 2023, 11:47:31 WIB

    Contoh kurikulum merdeka

View all comments

Write a comment